Analisis Penggunaan Multilingual Masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah

Enny Rahayu, Pina Anisah

Abstract


Penelitian ini mengkaji campur kode dalam penggunaan multilingual masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah dengan kajian sosio-linguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Penelitian ini menggunakan teori Suardi yang terdapat 3 jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, campur kode campuran. Data penelitian ini adalah 10 data rekaman dan transkip percakapan masyarakat yang mengandung campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengamatan Lingkungan, mengumpulkan data rekaman interasksi masyarakat, mentranskrip data rekaman, mengidentifikasikan data yang mengandung campur kode dengan teori Suardi, dan menyimpulkan hasil analisis.

Full Text:

PDF

References


Amri, Yusni Khairul dan Dian Marisha, 2019. Sosiolinguistik Analisis Interferensi Budaya pada Media Sosial. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Amri, Yusni Khairul. 2019. “Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional PBSI.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kholidah, Umi dan Haryadi. 2017. “Wujud Pilihan Kode Tutur Mahasiswa Aceh pada Ranah Pergaulan di Semarang”. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Laiya, Rebecca Evelyn. 2017. “Pilihan Bahasa pada Masyarakat Multibahasa di desa Botohilisorake, Nias Selatan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 14. No. 2. Juli 2015.

Malabar, Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nababan, P.W.J. 1991. Sosiolinguistik suatu pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Padmadewi, N. N., Merlyna, P. D., & Saputra, N. P. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudrama, Ketut dan Ida Bagus Putra Yadnya. 2015. “Dilema Multilingualisme dan Implikasinya terhadap Perencanaan Bahasa”. Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1, No. 1, April 2015.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarsono, Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Sumarsono. 2017. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Wahyudi, Nyoman deni dan Luth Ketut Sri Widhiasih. 2016. “Keanekabahasaan (Multilingualisme) dalam Video Promosi Destinasi Pariwisata Jegeg Bagus Denpasar”. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Unmas Denpasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING