BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID-9

Ahmad Syarqawi

Abstract


Waktu yang terus berjalan, kehidupan mengalami perubahan, problematika terus silih bergantu untuk menghiasi kehidupan manusia menjadi sebuah keniscayaan yang tidak dapat dipungkiri dan dihindari. Akhir 2019, telah membuat catatan sejarah yang tidak dapat dilupakan dan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi generasi berikutnya. Pandemic covid-19 menjadi sebuah permasalahan dunia dan telah merubah seluruh sistem kehidupan manusia. Sejalan ini perubahan ini, maka bimbingan konseling sebagai sebuah ilmu dan layanan sosial, juga harus menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini. Penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi naskah. Mencari berbagai sumber yang relevan dengan judul dan menuangkannya ke dalam bentuk kemasan informasi yang sesuai dengan konteks kekinian. Tulisan ini akan memberikan pengetahuan umum kepada para pembaca tentang pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam konteks kehidupan individu sebagai makhluk sosial, individual dan beragama. Pada setiap bagian tulisan ini akan merangkum berbagai materi, strategi atau teknik yang dapat dilakukan oleh konselor untuk membantu klien dalam menyelesaikan persoalah kehidupan sosial, pribadi dan beragama.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syarqawi, dkk. 2019. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Kencana.

Dadang Darmawan. Sikap Keberagamaan Masyarakat Muslim Menghadapi Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya . Volume 4 Nomor 2 (2020).

Dani Muhtada. 2020. Agama dan Mitigasi Wabah COVID-19. CSIS Commentaries DMRU-011. Pakarti Centre Building.

Deshinta Vibriyanti. 2020. (Society Mental Health: Managing Anxiety During Pandemic Covid-19). Jurnal Kependudukan Indonesia. Edisi Khusus Demografi dan COVID-19.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. 2020. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disesase (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

ILO. 2020. Dalam Menghadapi Pandemi: Memastikan Kes Elamatan Dan Kesehatan Di Tempat Kerja. International Labour Organization.

Ivan Muhammad Agung. Memahami Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Psikologi Sosial.

Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi. Volume 1 Nomor 2 (2020).

Muhamad Agus Mushodiq, Ali Imron. 2020. Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Mitigasi Pandemi Covid-19; (Tinjauan Tindakan Sosial dan Dominasi Kekuasaan Max Weber). SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol. 7 No. 5 (2020).

Muhammad fajar. 2020. Bunga Rampai Pandemi “Menyingkap Dampak-Dampak Sosial Kemasyarakatan Covid-19”. IAIN Parepare Nusantara Press: Pare-Pare.

Nisar. 2020. Bunga Rampai Pandemi “Menyingkap Dampak-Dampak Sosial Kemasyarakatan Covid-19”. IAIN Parepare Nusantara Press: Pare-Pare.

Putu Agung Nara Indra Prima Satya. 2020. Covid- 19 dan Potensi Konflik Sosial. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Unpar

Siti Khodijah Nurul Aula. 2020. Peran Tokoh Agama dalam Memutus Rantai Pandemi COVID-19 di Media Online Indonesia. Living Islamic Journal of Islamic Discourses. Volume 3 Nomor 1 (2020).

Syafaruddin, dkk. 2018. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Medan: Perdana Publishing.

Zahrasari Lukita Dewi. 2020. Masa Darurat Covid-19. Lecture Series PPH-UAJ.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i2.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :