STRATEGI GURU BK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP YP. AL-MAKSUM CINTA RAKYAT PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG

Mahidin Mahidin, Wahyuni Wahyuni

Abstract


Strategi bimbingan dan konseling merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP YP. Al-Maksum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK yang telah melakukan layanan berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara yang dianalisis secara sistematis dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VII Al-Maksun sudah cukup bagus, hanya terdapat beberapa siswa yang memiliki prestasi yang masih rendah. Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran diri dari siswa untuk belajar, dan kemampuan siswa dalam menyerap beberapa mata pelajaran. Strategi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII Al-Maksum yaitu melakukan pendekatan kepada siswa dalam menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan sehingga akan lebih mudah bagi guru BK untuk mengetahui permasalahan lain yang dihadapi siswa. Selanjutnya dilakukan identifikasi dan analisis kebutuhan/permasalahan siswa, kemudian disusun program dalam bentuk RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan), selanjutnya pelaksanaan layanan. Terakhir diberikan penilaian atau evaluasi guna untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut telah dicapai serta  bagaimana mamfaat yang telah dikerjakan itu.

Faktor penghambat pelaksanaan strategi bimbingan dan konseling di kelas VII YP. Al-Maksum yaitu waktu pelaksanaan layaan yang kurang, orang tua siswa yang kurang mendukung kegiatan layanan, dan siswa yang kurang kesadaran diri untuk belajar dan tidak ada keinginan untuk berubah.


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar M. Luddin, (2014). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling + Konseling Islam, Binjai: Difa Niaga.

Alex Sobur, (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Bimo Walgito, (2005). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Darmansyah, (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara, Edisi 1, cet 3.

Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Edisi Keempat.

Djamariah, (2005). Guru dan Anak Didik, Jakarta: Rineka Cipta.

Haidar Putra Daulay, (2014). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

J.P Chaplin, (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers, Cet 14.

Lexy J. Moleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya,

Muhibbin Syah, (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Namora Lumongga, (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Prayitno dan Erman Emti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling,... hlm. 94

Prayitno dan Erman Emti. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan, (2008). Penanganan Efektif Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet 3.

Rizky Andana pohan, dkk, (2017). Wawasan Dasar Bimbingan Konseling. Medan.

Salim & Syahrum. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafaruddin, dkk (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta:Rajawali Pers.

Yusuf Hadijaya, (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i2.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :