KONSEP DIRI SISWA DI MAN 3 MEDAN

Ira Suryani, Ridoyani Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa di MAN 3 Medan, untuk mengetahui faktor mempengaruhi konsep diri siswa dan untuk mengetahui peningkatana konsep diri siswa di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu informan kunci dan informan non kunci. Teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Konsep diri siswa di MAN 3 Medan terbagi menjadi dua jenis konsep diri yaitu konsep diri siswa positif dan konsep diri siswa negatif. Keluarga menjadi faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa di MAN 3 Medan. Konsep diri siswa perlu ditingkatkan, agar menjadi percaya diri, bangga dengan dirinya, mengerjakan segala tugas secara optimal untuk meraih hasil yang maksimal, dan optimis dalam meraih masa depannya.

Kata Kunci: Konsep diri, Siswa dan Keluarga


Full Text:

PDF

References


AA Sagung Weni Kumala Ratih dan David Hizkia Tobing, (2016). “Konsep Diri Pada Pelaku Percobaan Bunuh Diri Pria Usia Dewasa Muda Di Bali”, (Bali: Jurnal Psikologi, Volume 3, No. 3)

Abdul Muhith, (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa, (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Andi Offiset.

Agus Abdul Rahman, (2017). Psikologi Sosial, (Jakarta : Rajawali Pers.

Alex Sobur, (2003). Psikologi Umum: Dalam Lintas Sejarah. Bandung : Pustaka Setia.

Djaali, (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hairina Novilita dan Suharnan, (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa, Surabaya: Jurnal Psikologi, Vol.8 No.1.

Inge Hutagalung, (2007). Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Indonesia: PT Indeks.

Irwan Nasution, et.al, ( 2004). Pedoman Penulisan Skripsi. Medan : Fakultas Tarbiyah IAIN-SU.

Jalaluddin Rakhmat, (2005) Psikologi Komunikasi. Bandung: Rermaja Rosdakarya.

Kemali Syarif, (2013). Perkembangan Peserta Didik. (Medan: Unimed Press.

Lexy J.Moleong, (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M.Quraish Shihab, (2011). Tafsir Al-Misbah, Kesan Dan Keserasian Al-Quran Jilid 1. Jakarta: Lentera Hati.

Rahmawati, (2005). Perkembangan Remaja, Jakarta: Pustaka Pelajar

Rifa Hidayah, (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: Malang Press.

Rifa Hidayayah, (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: Malang Press.

Sarwono, Sarlito Wirawan,(2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sri Esti Wuryani Djiwandono, (2002). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Sri Narti, (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharsimi Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, cet. 13.

Teungkuh Muhammad Hasbi ash-Shidsieqy, (2011), Tafsir Al-Quran Majid An-Nur. Jakarta: Cakrawala Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i1.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :