PENGARUH PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII-1 DI SMP NEGERI 7 KISARAN

Yulia Paramitha

Abstract


Penelitian tentang pengaruh pendekan client centered terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 7 Kisaran Kec. Kisaran Timur Kab. Asahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh client centered terhadap kepercayaan diri siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain pre-experimental designs (nondesigns) dengan model one-group pretest-posttest design Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket dan observasi. Hasil data dari pre-test dan post-test. Populasi sebanyak 32 siswa dan pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil 24. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan 0,10.
Hasil rata-rata skor kepercayaan diri sebelum diberikan pendekatan client centered adalah 79, 542 dan setelah diberikan menjadi 158,25 sehingga siswa dapat mengalami perubahan yang ditunjukan oleh hasil post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test..
Hasil temuan menunjukkan bahwa pemberian pendekatan client centered pada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah memberikan pengaruh kepada siswa, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian thiting lebih besar dari ttabel (2,406 > 1,638), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata-kata Kunci : Pendekatan Client Centered, Kepercayan Diri

Full Text:

PDF

References


Corrley. Gerald, 2015, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterafi (Bandung:Refika Aditama)

S. Willis. Sofyan, 2014, Konseling Individual Teori dan Praktek (Bandung: Alfabeta)

Komalasari. Gantin. dkk, 2011,Teori dan Teknik Konseling (Jakarta: Indeks)

Ghufron, 2012,Teori-teori Psikologi, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media)

Sujanto.Agus. dkk, 2006, Psikologi Kepribadian,(Jakarta: Bumi Aksara)

Hartono, 2012, Psikologi Konseling, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Bambang. Dkk, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta)

Syahrum.dkk, 2012, Metodologi Penelitian Kuantitatif,(Bandung: Citapustaka)

Ayu Susanti, Skripsi, Efektivitas konseling individual dengan pendekatan client-centered untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas viii h smp negeri 3 bandar lampung, 2016/2017

Boharudin, Skripsi, Penerapan teori client centered dalam konseling (studi kasus terhadap pelayanan konseling individual di sekolah menengah pertama negeri 16 pekanbaru, 2012

Anggri Riza Nasrulloh, Skripsi, Penerapan teknik konseling client centered untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII mts selotopeng kecamatan banyakan kabupaten kediri, 2014/2015

Arikuonto.s, 2006, prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) edisi revisi V, (Yogyakarta : Rineka cipta)

Saifuddin.Azwar, 2007, Metode Penelitian, (Yogyakarta:Pustaka Pelajar)

Husein. Usman, 2003, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta : Bumi Aksara)

Zuriah. Nurul, 2009, Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Jakarta : PT Bumi Aksara)

Jaya, indra dan Ardat. 2013. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. (Bandung: Citapustaka Media Prerintis)

Ulfa Dani Rosada, Jurnal, 2016, Model Pendekatan Konseling Client Centered dan Penerapan Dalam Praktiknya, (Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan,)

Sudjana, 2005, Mode Statistika, (Bandung:Tarsito)

Hakim. T, 2005, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, (Jakarta:Puspa Swara)

Fatimah, 2008, Psikologi Perkembangan, (Bandung:Pustaka Setia)

Risti Anjani, Skripsi, Penggunaan Konseling client Centered untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas Xisma Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i1.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :