UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MAN 1 MEDAN

Fatimatu Zahra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di MAN 1 Medan, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah kesulitan yang dialami siswa MAN 1 Medan dalam mengerjakan soal matematika, penyebab kesulitan mempelajari matematika pada siswa MAN 1 Medan dan upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di MAN 1 Medan. Hasil penelitian menemukan bahwa : kesulitan yang dialami siswa MAN 1 Medan dalam mengerjakan soal matematika adalah kesulitan konsep terletak pada kesulitan memahami konsep dari limit fungsi, kesulitan dalam berhitung mengoperasikan bentuk aljabar dan trigonometri, kesulitan dalam mengaplikasikan rumus dan kesulitan dalam memecahkan masalah dalam soal, penyebab kesulitan mempelajari matematika pada siswa MAN 1 Medan adalah faktor internal yaitu sikap negatif dalam belajar, kurangnya motivasi belajar, faktor eksternal yaitu vairasi guru mengajar, lingkungan keluarga dan upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di MAN 1 Medan adalah bertanggung jawab tentang keseluruhan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, Menjalankan layanan-layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan memberikan layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok dan layanan penguasaan konten bagi siswa yang berkesulitan belajar dengan tujuan agar siswa/i juga dapat termotivasi dan semangat dalam belajar terutama pelajaran matematika di MAN 1 Medan.


Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika, Bimbingan Konseling


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar M Luddin, (2010), Dasar –Dasar Konseling dan Tinjauan Teori dan Praktek,

Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Achmad Juntika Nurihsan, (2009), Bimbingan dan Konseling, Bandung: Refika Aditama.

Andi Hakim Nasution, (1980), Landasan Matematika, Jakarta: Bharata Aksara.

Aziz dan Sugiman, (2010), Analisis Kesulitan Kognitif dan Masalah Afektif Siswa SMA

dalam Belajar Matematika Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Riset Pendidikan

Matematika Vol.2, No.2.

Dewa Ketut Sukardi dkk, (2008), Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta:

Rineka Cipta.

Dewa Ketut Sukardi, (2008), Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di

Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Edi Pranoto,(2005), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Operasi

Bilangan Pecahan dengan mMenggunakan Kartu Pecahan di Miftahul Huda Tahun

Ajaran 2004/2005, Semarang: FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Fenti Hikmawati, (2014), Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rajawali Pers.

Khadijah, (2016), Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Pubhlising.

Mardianto, (2012), Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Pubhlising.

Mulyono Abdurrahman, (2012), Anak Kesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan remediasinya,

Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno dan Eman Amti, (2004), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka

Cipta.

Ramayulis dan Mulyadi, (2016), Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah,

Jakarta: Radar Jaya Offset

S. Nasution, (1992), Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Siti Mardiyati, (1994), Penelitian Hasil Belajar, Surakarta: UNS.

Slameto, (1988), Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiman dan Aziz. 2015.Analisis Kesulitan Kognitif dan Masalah Afektif Siswa SMA dalam

Belajar Matematika Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Riset Pendidikan

Matematika Vol.2, No.2.

Syahrun dan Salim.2010. Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung : Citapustaka Medan.

Tarmizi, 2018, Bimbingan dan Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.