PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 SERUWAY ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Mahidin Mahidin, Sri Ayu Miswatul Mutiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) tingkat dukungan sosial teman sebaya pada siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 2) tingkat prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang, 3) adanya pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan melalui teknik analasis korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Aceh Tamiang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya dengan hasil koefisien determinan sebesar 5,3361% dan 94,6639% prestasi belajar di pengaruh oleh faktor lain. Dengan dilakukan perhitungan secara keseluruhan maka hasil nilai “r” sebesar
0,231. Dan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata Df sebesar 30. Pada taraf signifikan 5% = 0,361, sedangkan taraf signifikan 1% = 0,463. Maka hasil yang didapat adalah “r” hitung lebih kecil baik pada taraf signifikan 5% (0,231 < 0,361) maupun 1% (0,231 < 0,463). Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Nihil (Ho) ditolak sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan ini menunjukkan terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y, akan tetapi itu korelasi yang lemah atau rendah pada kelas VII-1 SMP Negeri 5 Seruway Tahun Ajaran 2018/2019.


Kata Kunci: Pengaruh Sosial, Teman Sebaya, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Akhyar, Saiful. (2017). Konseling Islami Dalam Komunitas Pesantren. Medan:

Perdana Publishing

Danim, Sudarwan. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Daulay, Nurussakinah. (2014). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur’an

tentang Psikologi. Jakarta: Prenadamedia Group

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT

Syaamil

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik : Panduan Bagi Orang

tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Dimiyanti. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Manurung, Purbatua. (2016). Media Pembelajaran dan Pelayanan BK. Medang:

Perdana Publishing.

Putra Daulay, Haidar. (2014). Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah (Kajian

dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan). Jakarta: Kencana

Rumengan, Jemmy. (2012). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam: Uniba

Press

Santosa, Slamet. (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: PT Bumi Aksara

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta:

Erlangga

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Masa Hidup Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Santrok, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Sarafino, Edward. (1994). Health Psychology. Jakarta: PT Cakra Indah Pustaka

Smet, Bart. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grafindo

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syafaruddin. (2016). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Syaodih, Nana. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Tunggadewi, Titis Pramesti. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan

Motivasi Belajar Pada Santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa

Tengah. Vol. 7 Nomor 3. Agustus 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i2.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :