PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGENALAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DI MAL UIN-SU MEDAN

Khairuddin Tambusai

Abstract


Penelitian ini mengenai pengaruh layanan informasi yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling terhadap pengenalan lingkungan belajar yang terjadi pada siswa MAL UIN Sumatera Utara Medan. Layanan informasi yang diberikan adalah memperkenalkan dan menyampaikan sejumlah informasi yang dibutuhkan siswa, khususnya yang berkaitan dengan pengenalan lingkungan belajar sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Subjek penelitian ini adalah siswa MAL UIN Sumatera Utara TP 2016/2017 yang jumlah keseluruhannya terdiri dari kelas X, XI dan XII, jumlahnya terdapat 308 orang siswa. Sedangkan sebagai sampel diambil 1 kelas yaitu X.2 sebanyak 48 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan selain observasi, wawancara dan studi dokumen digunakan angket yaitu mengenai pelaksanaan layanan informasi (30 pertanyaan) dan pengenalan lingkungan belajar (32 pertanyaan), sedangkan teknik analisa data yang digunakan khususnya mengenai korelasi antara pelaksanaan layanan informasi dengan pengenalan lingkungan belajar adalah teknik korelasi Produc Moment Setelah dilakukan analisis dan perhitungan terhadap korelasi antara layanan informasi dengan
lingkungan belajar siswa sebesar rxy= 0,648, tingkat hubungan ini termasuk pada kategori interval tingkat hubungan sedang. Untuk mengetahui apakah korelasi antara variabel layanan informasi dengan variabel lingkungan belajar siswa diterima atau tidak maka nilai r hitung tersebut dibandingkan dengan nilai rtabel . Nilai rtabel untuk n=48 dan taraf signifikansi α = 5% adalah 0,284. Di dapat nilai rhitung > nilai rtabel atau 0,648 > 0,284, maka dapat disimpulkan layanan informasi memiliki
hubungan yang signifikan dengan lingkungan belajar siswa MAL UIN Sumatera Utara. Maka dari hasil perhitungan koefesien di atas dapat diketahui bahwa sebesar 41,96% lingkungan belajar
siswa MAL UIN Sumatera Utara dipengaruhi oleh layanan informasi dan sisanya sebesar 58,04% adalah merupakan faktor dari luar penelitian ini.


Kata Kunci : Layanan Informasi, Pengenalan Lingkungan Belajar


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar M. Luddin, (2010), Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik.

Bandung: Perdana Mulya Sarana.

Ahmad Juntika Nurihsan, (2014), Bimbingan & Konseling Dalam Berbagai Latar

Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kartini Kartono, (2010), Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis. Bandung: Mandarmadyah.

Poernomo Sonja, Kesehatan Sekolah di Indonesia, Jakarta: Erlangga

Prayitno, (2012), Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP.

Prayitno, (2004), Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto Ngalim, (2009), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Slameto, (2013), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutari Imam Barnadib, (2009). Pengantar Ilmu Pendidikan Sitematik. Yogyakarta: Andi

Offset.

Tarmizi, (2011). Pengantar Bimbingan Konseling. Medan: Perdana Publising.

Tohirin, (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Zakiyah Daradjat, (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.