PENGARUH METODE PERMAINAN DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA/SISWI KELAS X SMAN I BABELAN

Muhammad Walimsyah Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan dengan layanan bimbingan kelompok terhadap penerimaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ekperimen design nonequivalent control
group design. Kelompok eksperimen menerima perlakukan berupa 11 sesi bimbingan kelompok yang diselenggarakan dua kali dalam sehari. Kelompok kontrol tidak menerima perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa/Siswi kelas X SMAN I Babelan tahun angkatan 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Siswa/Siswi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dengan skor penerimaan diri berada dalam kategori rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen penerimaan diri dengan empat pilihan dalam model skala likert yang terdiri 36 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,735. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.005, melalui hasil perhitungan maka diperoleh kesimpulan pada penerimaan diri siswa/siswi sig < 0.05, Artinya peningkatan penerimaan diri siswa/siswi kelas X SMAN I Babelan kelompok treatment lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru bimbingan dan konseling di sekolah untuk melakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa.


Kata Kunci : metode permainan, bimbingan kelompok, penerimaan diri


Full Text:

PDF

References


Amelia.,Masril.,Imran “International Seminar on Education 2017 Empowering

Local Wisdom on Education for Global Issue, Batusangkar : September

-06 2017.

Asrori.,& ali. 2012. “ Psikologi remaja” perkembangan peserta didik, Jakarta :

Bumi aksara.

Fitria.,Intan.,Fitri, 2015 “ Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode

role play terhadap peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi

peserta didik untuk menghadapi konflik orangtua-remaja”. Insight Jurnal.

, 21-26.

Handayani, M.M., Ratnawati, S. dan Helmi, A.F. (1998). “Efektivitas pelatihan

pengenalan diri terhadap peningkatan penerimaan diri dan harga dirii ”.

Jurnal Psikologi. 2, 47-55.

Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan : Suatu Perkembangan

Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Ningrum.,Hanim.,Herdi, 2015 “ Pengaruh bimbingan kelompok dengan metode

bermain terhadap perilaku rendah hati siswa kelas II ”. Insight Jurnal. 2,

-68.

Nurzakiah.,Justitia.,Hidayat, 2015. Pengaruh bimbingan kelompok dengan

metode problem solving dalam mengembangkan berpikir kritis siswa“

Insight Jurnal. 2, 14-20

Rusmana.,Nandang. 2009. “Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah”

Metode, Teknik, dan Aplikasi, Bandung : RIZQI PRESS.

Tilaar,(2017). “ Media Pembelajaran Aktif” Bandung: Penerbit Nuansa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.