PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGVIII MTS MADINATUSSALAM SEI ROTAN

Hairullah Matondang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan pembelajaran
ProblemSolving di kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Madinatussalam Sei Rotan. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran
ProblemSolving pada materi lingkaran; 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ProblemSolving pada materi lingkaran; 3) Kemapuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran
ProblemSolving pada materi lingkaran; 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD daripada pembelajaran
ProblemSolving.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masala Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran
ProblemSolving


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.