EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KORBAN BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 DOLOK MERAWAN

Fani Siswita

Abstract


Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk mengatasi hal-hal baru yang
membangun hubungan yang lebih baik dan serasi antara individu dengan lingkungan
sekitarnya. Siswa korban broken home cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah, kurangnya disiplin remaja dan meningkatnya kenakalan remaja. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dolok Merawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa korban broken home di SMA Negeri 1 Dolok Merawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimendengan desain penelitian Quasi Experimental Designdan modelnya menggunakanNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah 16 siswa dan sampelnya adalah 14 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil perhitungan dari uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 (0,000 < 0,05). Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa
korban broken home di SMA Negeri 1 Dolok Merawan dan terdapat peningkatan penyesuaian diri siswa broken home setelah diberikan perlakuan (treatment) berupa layanan konseling kelompok.

Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Penyesuaian Diri, Siswa Broken Home


Full Text:

PDF

References


Andriyani, Juli. (2016). Korelasi Peran Keluarga Terhadap Penyesuaian Diri Remaja.Jurnal Al-Bayan, 22(34)

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung : Remaja Rosda Karya

Farid. Mashudi. (2012). Psikologi Konseling. Yogyakarta : IRCiSoD

Harsanti, Intaglia ,dkk. (2013). Kenakalan Pada Remaja yang mengalami perceraian orang

tua. oceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). Vol. 5

Oktober 2013,Bandung, 8-9 Oktober 2013 ISSN: 1858-2559

Hurlock. (1991). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Jakarta : Erlangga

J. P, Chaplin. (2004).Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grasindo Persada

Juntik, Achmad. (2009).Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. Bandung : Refika

Aditama

Mohammad, Ali. (2006). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi

Aksara

Ningrum, Putri Rosalina. (2013). Perceraian Orang Tua dan Penyesuaian Diri Remaja (Studi

Kasus Pada Remaja Sekolah Menengah Atas / Kejuruan di Kota Samarinda). EJurnal

Psikologi.

(1)

Nur

Asih

Hidayanti.

(2007).

Keefektifan

Layanan

Konseling

Kelompok

Untuk

Meningkatkan

Kemampuan

Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan. Skripsi

Unnes

Nurmalasari. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Harga Diri. Fakultas

Psikologi Universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi

Prayitno. (2009). Layanan L1-L9. Padang : UNP

Setiono, Kusdwiratri. (2011). Psikologi Keluarga. Bandung: PT Alumni

Supriadi, dkk. Pendampingan Keagamaan Bagi Anak-Anak Keluarga Broken Home Di Pondok

Pesantren Dan Panti Asuhan Sabilul Huda Yogyakarta. Yogyakarta, SeptemberJanuari.

ISSN:

-8924.

e-ISSN:2685-8681

Tohirin.(2017).

Bimbingan

dan

Konseling

di

Sekolah

dan

Madrasah.

Jakarta

:

Raja

Grafindo

Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :