IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 13 MEDAN

Fadilla Annisa Putri, Ira Suryani, Sri Wahyuni

Abstract


Membaca merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan seseorang untuk
mendapatkan sebuah informasi dari apa yang dibaca. Membaca merupakan hal
yang sangat penting dilakukan agar seseorang mendapatkan informasi atau
pengetahuan baru yang belum ia ketahui sebelumnya. Minat membaca sangat
diperlukan agar seseorang bisa secara suka rela untuk terus membaca agar informasi
atau pengetahuan yang ia punya bertambah banyak dan luas.Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif desktiprif dan yang menjadi informan terdiri
dari 8 orang dengan tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian
ini dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberi
kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan informasi
dalam meningkatkan minat baca siswa selama pembelajaran daring di SMK Negeri
13 Medan sudah berjalan dengan baik, terdapat beberapa siswa yang menunjukkan
perubahan baik dan positif meskipun belum sepenuhnya siswa menunjukkan
perubahan baik setelah diberikan layanan informasi oleh guru BK mengenai minat
baca

Kata Kunci : Layanan Informasi, Minat Baca, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Mamik.(2015). Metodologi Kualitatif.Sidoarjo : Zifatama Publisher

Mulyadi.(2016). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah.Jakarta :

Prenamedia Group

Rukaya.(2019). Aku Bimbingan Dan Konseling.Pangkep : Quepedia

Syarqawi, Ahmad. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.

Medan : Perdana Publishing

Tantawi, Isma. (2019). Terampil Berbahasa Indonesia (Untuk Perguruan

Tinggi).Jakarta : Kencana

Tarmizi.(2018). Bimbingan Konseling Islam.Medan : Perdana Publishing

Yamin, Martinis. (2017). Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta : Gaung Persada Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :