MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA BERADAPTASI DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Mahidin Mahidin

Abstract


Teknologi semakin berkembang, dan terus menuntut setiap generasi unutk dapat beradaptasi guna mengikuti perkembangan tersebut. Termasuk pendidikan islam dalam hal ini, dimana lembaga pendidikan islam menjadi salah satu benteng yang dapat menjaga aqidah dan perkembangan ummat islam di tengah persaingan global yang semakin ketat. Oleh karena itu, pendidikan islam harus dapat melakukan akselesari dalam berbagai aspek, terutama dlam hal manajemen pendidikan islam.

Melalui kajian ini, setidaknya ada enam indikator yang menjadi konsentrasi bagi setiap lembaga pendidikan dalam mengambil langkah strategis dann kebijakan ke depan. Yaitu, kualitas tenaga pendidik, profesionalisme guru, integrasi kebudayaan dan akulturasi, strategi pembelajaran, perbaikan manajemen, akses pendidikan, dan kemajuan pendidikan itu sendiri. Dalam rangka mewujudkan keenam indikator tersebut, para pemimpin lembaga pendidikan haruslah dapat menyusun skala prioritas pada program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sehingga lembaga pendidikan islam dapat mengikuti perkembangan zaman dengan konsep dan arah yang jelas dan terukur.

 Kata Kunci : Manajemen, teknologi, adaptasi, perencanaan


Full Text:

PDF

References


Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Blended Learning. Jurnal Riset Tindakan Indoensia, 110-118.

Agustini. (2013). Pengelolaan dan Unsur-unsur Manajemen. Jakarta: Citra Pustaka.

Amiruddin, & Ananda, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: Widya Puspita.

Anoraga, P. (1997). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriani, Y., Rusdiawan, Asrin, Fahruddin, & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 271-277.

Efendi, M. Z. (2016). Efektivitas Blended Learning dalam Meningkatkan Akses Belajar di LPTK. Konvensi nasional Pendidkan Indonesia, 1-5.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 94-100.

Meter, V., & Horn, V. (2020, Agustus 11). The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work. Retrieved from Jurnal Administration and Society: (https://www.scribd.com/document/255116823/1975-Vanmeter-Policy-Implementation-Process-Conceptual-Framework)

Sukarji, A., Trilestari, E. W., & Rahman, A. (2021). Strategi Implementasi Kebijakan Pembelajaran Elektronik (E-learning) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Jurnal Administrasi Pendidikan, 140-162.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :