LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK MULTI KARYA MEDAN

Tya Lolita Manik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII SMK Multi Karya Medan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tentang karir. Dengan adanya informasi yang cukup mengenai karir, diharapkan siswa dapat merencanakan karir yang matang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu desain kuasi-eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan maksud untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Oleh karena itu, dalam penggunaan desain eksperimen penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Multi Karya Medan yang berjumlah 315 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling di mana sampel adalah siswa yang memiliki tingkat perencanaan karir yang rendah dari hasil pre-test dan yang terpilih hanya 10 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment. Realiabilitasnya menggunakan rumus alpha cronbach. Sedangkan analisis data menggunakan analisis uji paired t-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII SMK Multi Karya Medan. Terdapat perubahan yang signifikan dalam meningkatkan perencanaan karir yaitu 0.000 < 0.05 dengan diberikan layanan informasi karir sebelum dan sesudah kepada siswa.

Kata Kunci : Layanan Informasi Karir, Kemampuan Perencanaan Karir Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Syarqawi, Ahmad. & Dina Nadira Amelia. (2019). Bimbingan dan Konseling Karir (Teori dalam Perencanaan dan Pemilihan Karir). Medan : Widya Pupspita.

Anwar, Ali. (2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. Kediri : IAIT Press.

Sukardi, Dewa Ketut. (2010). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Jakarta : Prenada Media.

Kementrian Agama Republik Indonesia.Al-Qur'an Al-Karim dan Terjemahannya (QS At-Taubah, 9). Halim.

Masganti. (2020). Panduan Penulisan Skripsi.Medan : Merdeka Kreasi Group.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif.Medan : CV. Widya Puspita.

Prayitno & Erman Amti. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta : Rineka Cipta.

Prayitno, dkk. (2014). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan

Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta :Prenada Media Group.

Rhardjo, Susilo.,& Gudnanto. (2013). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta : Kencana.

Syafaruddin, dkk. (2019). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Telaah Konsep, Teori dan Praktik). Medan : Perdana Publishing.

Syaukani. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

W.S. Winkel. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Sanjaya, Wina. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Fitri, Emria., Neviyarni., dan Ifdil. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learninguntuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2 (2), 5.

Komara, Indra Bangkit. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajardan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia, 5 (1), 38.

Akmansyah, M. Perencanaan Dalam Perspektif Manajemen Islam (Telaah Al-Qur’an Surat Al-Anfâl/ 8 Ayat 60). Fakutas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. 54.

Rizqi, Priska Rieftiana. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran (Ap) 1 Smk Negeri 2 Tegal. Universitas Negeri Semarang. 13.

Hidayati, Richma. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang. 1 (1).

Kurnia, Rizky Nidya.Pengembangan Buku Interaktif Perencanaan Karier Untuk Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Azhar, Silvia Kardina. (2013). Persepsi Siswa Tentang Layanan Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja Yang Diberikan Guru Bk Sman 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling. 2 (1), 1.

Adiputra, Sofwan. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadapperencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1), 48.

Yulia. (2019). Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa Smp Negeri 6 Palangka Raya. Universitas Palangkaraya. 28

Wahbah Az-Zuhaili. 2016. Tafsir Al-Munir Jilid 5 : penyunting Malik Ibrahim. Jakarta: Gema Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :