PELAKSANAAN TEORI JOHN HOLLAND UNTUK KEMATANGAN KARIR SISWA DI SMK DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA

Mia Agustin

Abstract


Abstrak

Kematangan karir adalah keberhasilan individu untuk menyelesaikan tugas perkembangan karir yang khusus bagi tahap perkembangan  tertentu. Rumusan masalah dari penelitian  ini adalah 1. Bagaimana tingkat kematangan karir siswa di SMK Dwi Tunggal Tanjung  Morawa? 2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kematangan karir siswa di SMK  Dwi Tunggal Tanjung Morawa? 3. Bagaimana  pelaksanaan teori John Holland untuk kematangan karir siswa di SMK Dwi Tunggal Tanjung Morawa?

Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun  metode yang peneliti gunakan adalah  metode deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah  informan yang dapat dijadikan sumber untuk mendapatkan informasi terkait dengan  judul penelitian ini adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru BK, dan Siswa.

Hasil  penelitian  ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kematangan karir siswa ialah faktor dukungan orang tua siswa, faktor layanan yang di terapkan dan keseriusan siswa dalam  menekuni minat atau karir yang di inginkan. Pelaksanaan teori John Holland  menunjukkan adanya perkembangan tingkat kematangan karir siswa ketika selesai melakukan bimbingan karir dengan  menggunakan teori John Holland. Siswa lebih paham dan mengetahui bakat dan minat mereka sesuai dengan kepribadian yang mereka miliki.

Kata Kunci : Kematangan Karir, Teori John Holland


Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi & Amiruddin, 2017, Inovasi Pendidikan Melejitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,Medan:Perdana Publishing.

Alfiyanti, Yati, 2008, Validitas dan reliabitas dalam penelitian kualitatif, jurnal kepercayan indonesia, Vol 12, No 2.

Amundson, Norman E Dkk,2016, Elemen-Elemen Penting Dalam Konseling Karier, Berbagai Proses Dan Teknik, edisi ke-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arisandy, Nelsi, (2016), Pendidikan dan Karir Perempaun Dalam Perspektif Islam, Vol. XV, No. 2.

Abdul Jabbar, Afan dkk, (2019), Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir, Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, Vol.2, No.1.

Afandi, Muslim, 2011, Tipe Keribadian Dan Model Lingkungan Dalam Perspektif Bimbingan Karier John Holland, Jurnal Sosial Budaya, Vol 8 No 01.

Ayuni, Arifa Nisrina, 2014, Kematangan Karir Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Keadaan Ekonomi Keluarga di SMA Negeri 1 Pakem, E-Jurnal Bimbingan dan Konseling UNY Edisi 10.

Budiman, Chandra dkk, 2020, Layanan Bimbingan Karir Guna Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik, Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, Vol 11, No 1.

Budiamin, 2002, Manajemen Layanan Bimbingan Karir pada SMU Negeri di Kabupaten Bandung. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2008), Pedomaman Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi 2008, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Erniwati, 2017, Program psikoedukasi penjurusan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam memilih sekolah lanjutan atas, Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hardani,dkk, 2020, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta : Pustaka Ilmu.

I.D., Prahesty & Mulyana, O.P, 2013, Perbedaan kematangan karir ditinjau dari jenis sekolah, Jurnal Character, Vol. 02 No. 01.

Ibrahim, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif (Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif), Bandung ; Alfabeta.

Juwitaningrum, Ita, 2013, Program Bimbingan Karir Untuk Kematangan Karir Siswa SMK, Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.2, No.2.

Lutiyem, 2016, Peningkatan kematangan karier siswa melalui layanan konseling kelompok, Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, Vol. 2.

Mansor Abu Talib dan Aun Tan Kit, 2009, Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Seririt, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.5

Marpaung, Dina Naulina ,2016, Kematangan Karir Siswa SMU Banda Aceh Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah, Jurnal Psikoislamedia, Vol 1, No 2.

M. Nauta, Margaret, 2010, “The Development, Evolution and status of Holland’s Theory of Vocasional Personalities : Reflections and Future Directions for Counseling Psychology”, Jurnal Psikologi Konseling, No.1.

Nurillah, Lilly, 2017, Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa, Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, Vol.1, No.1.

Nurihsan. Achmad Juntika. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Nunik Widiasuti. (2017).Aspirasi Karier siswa berdasarkan status sosial ekonomi dan gender, Indonesia jurnal of education counseling, Vol 1, No 2.

Ratnaningsih, Ika Zenita dkk, Kematangan Karier Siswa Smk Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jurusan, Jurnal Humanitas, Vol. 13, No. 2.

Raco, J.R. ,2010, Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.

Rishadi, Fauzan, 2016, Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Palangkapinang, E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3.

Savickas, M.L, 2001, A Developmental Perspective On Vocational Behaviour Career Pattern, Salience, and Themes, International Journal for Educational and Vocational Guidance.

Syarqawi Ahmad & Dina Nadira Amelia, 2019, Bimbingan dan konseling karir (Teori dalam Perencanaan dan Pemilihan Karir), Medan: Widya Puspita.

Syarqawi Nasution, Ahmad dkk, (2019), Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling (konsep dan teori), Jakarta:Kencana.

Syarqawi, Ahmad, Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Mensukseskan Proses Dan Mengoptimalkan Hasil Layanan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Sersiana, Luluk dkk, 2012, Hubungan Antara Self-Efficacy Karir Dan Persepsi Terhadap

Masa Depan Karir Dengan Kematangan Karir Siswa Smk Pgri Wonoasri, Vol. 03,

No. 01.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kulaitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syaodih, Nana, 2010, Metodelogi Penelitian-Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Salim dan Syahrum, 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media.

Surya Gumilang, Galang, (2016), Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling, Jurnal Fokus Konseling, Vol.2, No.2.

Witko, 2005, Senior High School Career Planning, Journal of Education, Vol. 6 No.1.

Wahyu Kurniawan, dkk, (2020). Contribution of Adversity Quotient Self Awareness and Demographic Factors to Student Career Maturity. International Journal of Research in Counseling and Education. Volume 04.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :