UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGARAHKAN SISWA MENJAGA JARAK DALAM BERINTERAKSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 2 LANGSA

Ismi Nurul Hidayah

Abstract


Penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan menjaga jarak dalam berinteraksi pada
masa Pandemi Covid-19 dan bagaimana upaya guru BK mengarahkan siswa agar
menjaga jarak dalam berinteraksi di SMK Negeri 2 Langsa. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa SMK Negeri 2 Langsa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan a) observasi, b). wawancara serta c) dokumentasi yang ada di SMK Negeri 2 Langsa. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Adapun temuan penelitian ini adalah Kegiatan menjaga jarak dalam berinteraksi di sekolah pada SMK Negeri 2 dilakukan dalam 1) Menjaga jarak ketika berinteraksi dengan sesama teman, 2) Menjaga jarak ketika berinteraksi dengan guru, 3) Menjaga jarak ketika berinteraksi dengan pegawai sekolah, serta 4) Menjaga jarak ketika berinteraksi dengan tamu sekolah. Kegiatan ini telah berhasil dalam mencegah terjadinya penularan virus covid 19 di sekolah ini. Adapun upaya yang dilakukan guru BK di SMK Negeri 2 Langsa untuk mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga jarak ketika berinreksi di sekolah adalah dengan memberikan layanan kepada siswa. Layanan tersebut meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok dan layanan konseling individu.

Kata Kunci : Upaya Guru BK, Menjaga Jarak


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar M. Luddi. 2010. Dasar-Dasar Konseling Tinjaun Teori dan Praktik. Bandung : Pardana Mulya Sarana.

A. Fadli. 2020. Mengenal Covid-19 dan Mencegah Penyebarannya. Yogyakarta: Pustaka Ilmiah. Departemen Agama RI. 2004/2005.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara dan

Penterjemah Al-Qur’an.

Fitriani, Yuliana. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal of Informaton System.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Nurhayati, Nurfaridaa. 2018. Optimalisasi Peran dan Fungsi Guru BK

dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Bikotetik.

Rahmadia. S., Febriyanti, N., Kuala, U. S., Islam, J. E., & Kuala, U. S. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi. Jurnal Ekonomi Islam (JE Islam).

Salim Bahresy. 2007. Terjemahan Riadusshalihin. Surabaya: Bina Ilmu.

Siregar, P. P., & Zahra, A. H. 2020. Bencana Nasional Penyebaran Covid-19 sebagai

Alasan Force Majeure, Apakah Bisa. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Susilo, dkk. 2020. Dampak covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia ; Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Budaya.

Yunus. 2020. Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Hisbah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :