PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MIS AN-NUR HAMPARAN PERAK

Reni Triana, Ani Wahyuni, Cindri Cantika, Siti Masyitah

Abstract


Pendidikan karakter tidak hanya diintegrasikan ke dalam pelajaran, tetapi memerlukan strategi tertentu, salah satunya adalah program konseling dan konseling. Model ini mengembangkan sepuluh nilai karakter, yaitu: toleransi, kejujuran, disiplin, ketekunan, kreativitas, kemandirian, daya tarik, keramahan/komunikasi, kepedulian sosial dan tanggung jawab. Pengembangan model ini menggunakan metode Research and Development. Model yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh validator-pakar pendidikan karakter dan konsultan ahli program bimbingan. Sebuah sampel terbatas dari diskusi dilakukan dalam kelompok fokus. Aplikasi dalam tulisan ini adalah: program bimbingan dan konseling tidak disusun atas dasar: kebutuhan siswa, layanan yang diberikan bersifat kuratif, tidak terstruktur dan sistematis.

Model terakhir program konseling dan konseling berbasis karakter terdiri dari (a) alasan, (b) komponen layanan, (c) strategi layanan, (d) manajemen dan konseling, dan (e) tanggung jawab program. Disarankan agar semua warga sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendukung untuk program bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan hakikat sekolah dasar.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pembentukan Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.

 

Full Text:

PDF

References


Hartono. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Wahana

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal. Yogyakarta: FIS Universitas Negri.

Moleong, Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prayitno dan Amti, Erman. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta,

Ramayulis. (2008). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Yusuf, Syamsu. (2009). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zuchdi, Darmiyati. (2008). Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :