PERAN MEDIA PADA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI SEKOLAH

Devi Dian Syahputri, Noviana Putri Maharaja, Nurul Delilah Harahap

Abstract


Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan wujud yang ditakuti oleh siswa. Jika ditelaah lebih mendalam sebenarnya bimbingan konseling memiliki tujuan agar siswa dapat memecahkan dan meningkatkan kemampuan yang pada dirinya. Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat memudahkan pendidik ketika proses pembelajaran berlangsung. Adanya keberadaan media pembelajaran dapat semakin populer di dunia pendidikan sejak ditetapkan kurikulum 2013. Teknologi pembelajaran awalnya hanya dapat dilihat sebagai teknologi peralatan saja yang penggunaannya hanya media alat bantu berupa audio-visual serta sarana dengan tujuan untuk mencapai pendidikan. Maka dari itu diperlukan alat bantu menggunakan media pelayanan. Media pelayanan yang salah satunya merupakan bagian dari teknologi pelayanan memiliki enam manfaat potensial ketika memecahkan masalah pelayanan. Empat manfaat itu antara lain: 1) Memajukan kreativitas  pendidikan. 2) Memberikan pelayanan bimbingan konseling dengan personalitas. 3) Memberikan pengetahuan dasar untuk pelayanan bimbingan konseling. 4) pelayanan bimbingan konseling yang lebih bagus dan konsisten. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa adanya penggunaan media pelayanan dengan karekteristik siswa memiliki korelasi dalam menentukkan hasil belajar. Artinya siswa yang belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristiknya memiliki keuntungan yang signifikan. Oleh karena itu media pembelajaran harus disesuaikan dengan  kegiatan pelayanan bimbingan konseling.

Kata kunci : Bimbingan Konseling, Media, Pelayanan


Full Text:

PDF

References


Ahmad Muntaha, Jurnalistik dan Produksi Media Sekolah, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2009.

Ahmad Susanto, Bimbingan dan Konseling di sekolah, konsep,teori dan aplikasinya, Jakarta: Prenada Group, 2018.

Andri Setiawan Muhammad, Karyono Ibnu Ahmad, Layanan-Layanan Bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Mempertemukan Urutan Surah Pada Juz 28-Juz 30 Al-Qur’an, (Yogyakarta: Dee Publish, 2021.

Andri Setiawan Muhammad, Karyono Ibnu Ahmad. 2021. Layanan-Layanan Bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Mempertemukan Urutan Surah Pada Juz 28-Juz 30 AlQur’an.

Yogyakarta: Dee Publish.

Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono dan Rahardjito, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan & dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajagrafindo, 2009.

Aunur Rahim Faqih, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: LPPAI, UII Press, 2004.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2009.

Bruner Jerome S, Toward a Theory of Instruction, Cambridge: Harvard University, 1966.

Clements, D.H dan Gullo, D.F. 1984.Effect of Computer Programming on Young Children’s Cognition. Journal of Educational Psychology.Vol. 76. No. 6.1051-1058 Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: 2008.

Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kependidikan Joseph A. DeVito, Komunikasi Antar Manusia, Edisi Kelima, Terjemahan, Jakarta: Professional Books, 1997.

Muhammad Hasan, dkk.,Media Pembelajaran, Sukoharjo: Tahta Media Group, 2021.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional.

Tabbers, H.K., Martens R.L., dan Merrienboer. 2004. Multimedia Instruction and Cognitive Load Theory: Effect of Modality and Cueing. British Journal of Educational Psychology.74, 7181

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang

Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :