PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD

Siti Aulia Hutagalung, Feni Adelia, Indri Fransiska, Rahma Julia Windi

Abstract


Peneliti melakukan studi lapangan ke SD PAB 20, dan menemukan masalah mengenai hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dalam pelajaran IPA karena tidak adanya proses belajar berbasis aktivitas (praktikum), pembelajaran masih terbatas waktu dan media. Karena itu dalam penelitian ini, peneliti membuat pengembangan bahan ajar berbasis aktivitas dalam materi rangkaian listrik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan kreatifitas dan sifat kritis dari siswa. Sebelum penelitian ke lapangan, media yang dibuat telah divalidasi oleh ahli materi  dan ahli desain. Hasil dari validasi ahli materi  menunjukkan angka 80% dan untuk validasi ahli desain menunjukkan angka 92,8%. Dari hasil tersebut dapat diklasifikasikan bahwa bahan ajar yang telah dibuat terbukti valid dan teruji kelayakannya untuk di uji coba kepada peserta didik. Untuk pengolahan data siswa melalui pre dan posttest, peneliti menggunakan rumus N-Gain. Dari rata-rata pretest didapatkan hasil 46 dan hasil posttest didapatkan rat-rata 84. Jika diklasifikasikan nilai-nilai tersebut, didapatkan hasil akhirnya yaitu 70%.  Angka tersebut termasuk ke dalam kriteria yang tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa, bahan ajar berbasis aktivitas yang digunakan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan sifat kreatif siswa.

 Kata Kunci: Bahan Ajar, Aktivitas, Hasil Belajar, Rangkaian Listrik

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anas, Nirwana. 2019. Konsep Dasar IPA. Medan: UINSU.

Bakar, Rosdiana A. 2015. Dasar- Dasar Kependidikan. Medan: Gema Ihsani.

Irwandi. 2019. Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Podi PGMI IAIN Lhoksemawe. Jurnal Pendidikan. Volume 8 (1).

Istova, dkk. 2016. Pengaruh Media Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Keemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD. Volume 2 (1).

Korniawati, Ami dkk. 2016. Validitas Chemistry Handout Sebagai Inovasi Bahan Ajar Stoikiometri Berstrategi PBS Bervisi SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 10 (1)

Muzdalifah, Ipah dan Eko Yulianto. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi. Volume 1 (1).

Puspitoroni, Retno dkk. 2014. Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi, Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (3).

Widya Purwita, Anggreani dan Meini Sondang. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Mulltimedia SMK Negeri 1 Cerme. Jurnal IT-Edu. Volume 01 (01).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :