IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL ARAFAH

Winda Apriani, Hilda Mora Lubis, Maysarah Banurea

Abstract


Bimbingan Konseling Islam perlu diterapkan di MI/SD, karena pada era ini peserta didik memiliki masalah baik dalam akhlak maupun mengembangkan potensi yang dimilikinya. Di MIS Nurul Arafah sendiri masalah yang dihadapi yaitu kurang tertanamnya sifat disiplin pada peserta didik pada umumnya, seperti ribut ketika guru menjelaskan, lupa mengerjakan tugas, dan bertengkar dengan teman. MIS Nurul Arafah mengimplementasikan bimbingan konseling Islam dengan cara menyelipkan layanannya ke dalam mata pelajaran ada, hal ini dikarenakan di MIS Nurul Arafah tidak memiliki mata pelajaran khusus BKI. Layanan yang diimplementasikan di MIS Nurul Arafah mencakup 4 jenis yaitu: 1) layanan dasar bimbingan; 2) layanan responsif; 3) layanan
perencanaan individual; dan 4) layanan dukungan sistem. Dalam hal ini yang berperan menjadi konselor adalah kepala sekolah dan wali kelas.

Kata Kunci : Madrasah Ibtidaiyah, Bimbingan Konseling Islam, Implementasi 


Full Text:

PDF

References


Abu Najah, Helmi. (2019) Implementasi Bimbingan dan Konseling Impact Islami pada Siswa SMK 1 Karanganyar. Jurnal BK dan Dakwah Islam. Vol. 16 (2).

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran. (2002). Psikoterapi dan Konseling Islam: Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Direktorat Pendidikan Nasional.

F.M., Sa’adah. (2015). Konsep Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Dengan Pendekatan Islam Untuk Meningkatkan Sikap Altruisme Siswa.

Kementrian Agama RI. (2015). Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Musnamar, Thohari. (1992). Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam. Yogyakarta: UII Pres.

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta.

Peraturan Pemerintah, Nomor 28/1990 pasal 1 (2).

Purwaningrum, Ribut. (2018). Bimbingan dan Konseling sebagai Pelayanan Prima Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 18 (1). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Siregar, S. M., Lubis, S. A., & Nur, W. (2018). Implementasi layanan konseling islami di madrasah Tsanawiyah laboratorium universitas Islam negeri. At-Tazaki. Vol. 2 (1).

Surya, Muhammad. (1998). Dasar-dasar Konseptual Penanganan Masalah-Masalah Karier/Pekerjaan Dalam Bimbingan dan Konseling Islam. Yogyakarta : UII Press.

Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islam. Medan: Perdana Publishing.

Yuliyatun. (2013). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 4 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :